Jenis-Jenis Filariasis

Jenis-Jenis Filariasis – Filariasis adalah penyakit zoonosis menular yang banyak ditemukan di wilayah tropika seluruh dunia. Penyebab kaki gajah adalah infeksi oleh sekelompok cacing nematoda parasit yang tergabung dalam superfamilia Filarioidea. Gejala yang umum terlihat adalah terjadinya elefantiasis, berupa membesarnya tungkai bawah (kaki) dan kantung zakar (skrotum), sehingga penyakit ini secara awam dikenal sebagai penyakit kaki gajah (elephantiasis). Filariasis limfatik di Indonesia disebabkan oleh W. bancrofti, B. malayi dan B. timori, menyerang kelenjar dan pembuluh kelenjar getah bening. Penularan terjadi melalui vektor nyamuk Culex spp., Anopheles spp., Aedes spp. dan Mansonia spp.

Jenis-Jenis Filariasis

Jenis-Jenis Filariasis

Jenis-Jenis Filariasis

Filariasis atau penyakit kaki gajah biasanya dikelompokkan menjadi tiga macam, berdasarkan bagian tubuh atau jaringan yang menjadi tempat bersarangnya. Jenis-Jenis Filariasis adalah :

1. Filariasis Limfatik

Filariasis limfatik disebabkan Wuchereria bancrofti, Brugia malayi, dan Brugia timori. Gejala elefantiasis (penebalan kulit dan jaringan-jaringan di bawahnya) sebenarnya hanya disebabkan oleh filariasis limfatik ini. B. timori diketahui jarang menyerang bagian kelamin, tetapi W. bancrofti dapat menyerang tungkai dada, serta alat kelamin.

2. Filariasis Subkutan (Bawah Jaringan Kulit)

Filariasis subkutan disebabkan oleh Loa loa (cacing mata Afrika), Mansonella streptocerca, Onchocerca volvulus, dan Dracunculus medinensis (cacing guinea). Mereka menghuni lapisan lemak yang ada di bawah lapisan kulit.

3. Filariasis Rongga Serosa (Serous Cavity)

Jenis filariasis ini disebabkan oleh Mansonella perstans dan Mansonella ozzardi, yang menghuni rongga perut. Semua parasit ini disebarkan melalui nyamuk atau lalat pengisap darah, atau, untuk Dracunculus, oleh kopepoda (Crustacea).

Pencegahan Jenis-Jenis Filariasis

  • Tidur menggunakan kelambu
  • Lubang angin (ventilasi) rumah ditutup kawat kasa halus
  • Memasang obat nyamuk
  • Memakai obat gosok anti nyamuk
  • Membersihkan tempat-tempat perindukan nyamuk
  • Melakukan penyemprotan untuk membunuh nyamuk dewasa
  • Mengikuti program pengobatan massal filariasis di puskesmas
  • Memeriksa diri ke puskesmas atau dokter bila tetangga atau keluarga terkena filariasis

Penularan Penyakit Kaki Gajah 

Tahap perkembangan di dalam tubuh nyambuk atau didalam vektor :

  1. Ketika nyamuk mengisap darah dari si penderita atau miktrofilaremia dalam beberapa jenis mikrofilaria kemudian akan ikut terhisap bersama dengan darah dan setelah itu masuk ke dalam lambung vektor atau nyamuk.
  2. Dan beberapa saat setelah ada di dalam lambung nyamuk, kemudian mikrofilaria ini akan melepas selubung, dan setelah itu masuk menerobos ke dalam dinding lambung nyamuk unutk menuju ke rongga badan dan menuju ke jaringan otot thoraks nyamuk.
  3. Dan di dalam jaringan otot thoraks nyamuk, kemudian larva stadium 1 (L1) ini akan mengalami perkembangan untuk membentuk larva stadium II (L2) dan setelah itu akan berkembang menjadi stadium III (L3) yang akan berubah menjadi infektif.
  4. Waktu untuk bisa berkembang dari L1 menjadi L3 biasanya disebut dengan masa inkubasi ekstrinsik untuk W. Bancrofti antara lain adalah 10-14 hari, B. Malayi dan B. Timori sekiatr 7-10 hari.
  5. Kemudian L3 akan bergerak menuju ke arah proboscis atau alat tusuk dari si nyamuk yang digunakan untuk menggigit.
  6. Mikrofilaria yang ada di dalam tubuh nyamuk ini selanjutnya akan mengalami suatu perubahan bentuk dan setelah itu tidak mengalami perkembangbiakan sehingga diperlukan beberapa kali gigitan untuk bisa menimbulkan terjadinya masalah infeksi.

Tahap perkembangan di dalam tubuh manusia dan di dalam tubuh hewan perantara adalah :

  1. Di dalam tubuh manusia larva jenis L3 ini akan menuju ke arah sistem limfe dan setelah itu akan tumbuh menjadi cacing dewasa yang jantan atau juga betina.
  2. Lewat kopulasi, maka cacing betina ini kemudian akan menghasilkan mikrofilaria yang akan beredar ke dalam darah. Dan dengan periodik maka seekor cacing bening bisa mengeluarkan sejumlah 50.000 larva dalam setiap harinya !
  3. Setelah itu perkembangan dari L3 ini akan berubah menjadi cacing dewasa di dalam tubuh dan akan memproduksi mikrofilaria untuk W. Bancrofti selama paling tidak 9 bulan dan untuk kasus nyamuk B. Malayi dan B. Timori paling tidak terjadi selama 3 bulan.
  4. Dan dalam perkembangan yang seperti ini maka biasanya akan terjadi juga di dalam tubuh hewan seperti jenis reservoar atau lutung dan juga kucing.

Pengobatan Kaki Gajah

Pengobatan atau penatalaksanaan yang dilakukan pada penyakit kaki gajah adalah dengan menggunakan metode yang sama pada semua negara endemis menggunakan Diethyl Carbamazine Citrate atau DEC dan juga Albendazole yang digunakan paling tidak setahun sekali selam 5 tahun. Penggunaan obat kaki gajah ini merupakan obat yang paling efektif yang bisa membantu membunuh serta memberantas mikrofilaria atau juga makrofilaria. Dan berbagai metode yang dilakukan untuk memberantas penyakit kaki gajah di Indonesia sudah dilakukan dengan menggunakan obat kaki gajah yang diberikan pada pengobatan massal dengan penggunaan obat kaki gajah dosisnya standar pada sekitar daerah Bendungan Gambasa di Sulteng dan juga di Banjar. Pengobatan dengan menggunakan obat kaki gajah dosis rendah yang disertai dengan dosis standar obat kaki gajah sudah dilakukan juga pada daerah Kalsel. Dan dengan melihat dari pengalaman salah satu penelitian yang dilakukan untuk membantu mengatasi penyakit kaki gajah atau filariasis ini maka diputuskan cara memberantas penyakit kaki gajah dilakukan dengan obat kaki gajah DEC dosis rendah yang diberikan seminggu sekali paling tidak selama 40 minggu.

Jenis-Jenis Filariasis

Cara Pemesanan Jeli Gamat Luxor – Obat Kaki Gajah
Mengatasi Penyakit Kaki Gajah Beserta Penyebabnya dan Penyakit Lainnya

Harga Obat Kaki Gajah – Jelly Gamat Luxor 1 Botol Isi 350 ml = Rp. 265.000,-/botol

Cara Pemesanan : SMS ke 0852-1617-3280, tuliskan: Pesan Obat Kaki Gajah Jeli Gamat Luxor, Jumlah Botol, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap


=====================================

>>> Jeli Gamat Luxor Untuk Mengatasi Penyakit Kaki Gajah dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Obat Kaki Gajah and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *